Rabu, 05 Oktober 2011

ORGANISASI


ORGANISASI
Dalam hidup manusia akan memperoleh kebahagiaan jika di dasarkan pada keselarasan dan keseimbangan hidup pribadi, dalam hubungan dengan masyarakat, bangsa, alam maupun dengan Tuhannya. Dengan demikian kekuatan manusia itu tidak hanya terletak pada fisiknya semata, juga kemampuan untuk bekerjasama dengan sesama manusia lainnya. Seperti yang kita tahu organisasi adalah kumpulan orang atau individu dalam suatu wadah (perkumpulan) untuk mencapai suatu tujuan bersama. Organisasi sering di pergunakan dalam bidang ilmu, seperti ilmu ekonomi, sosiologi, psikologi, dan lain-lain. Bahkan sejak kita masih kecil kita sudah sering kali banyak organisasi yang kita ketahui, misal nya di sekolah adanya suatu organisasi seperti OSIS. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena adanya visi dan misi yang sama dan mempunya tujuan yang sama dalam perwujudan di masyarakat

DEFINISI ATAU PENGERTIAN ORGANISASI
organisasi merupakan suatu system atau perkumpulan yang disusun dalam kelompok, untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan bersama.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian sebagai berikut:
  1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D.Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I.Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Stephen P.Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

BENTUK-BENTUK ORGANISASI

  • Organisasi Politik
  • Organisasi Olah Raga
  • Organisasi sosial
  • Organisasi Mahasiswa
  • Organisasi Sekolah, dan lain-lain


MANAJEMEN ORGANISASI
Manajemen Organisasi dapat di artikan suatu proses yang terstruktur mencapai tujuan bersama dengan mempertimbangkan hasil yang baik secara bersama-sama. Seperti pengambilan suara dalam suatu musyawarah.

MANAJEMEN DAN TATA KERJA
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang baik suatu mamajemen akan berjalan rapi dan sesuai dengan tujutan semula. Kita pasti ingin sesuatu yang kita menej, berjalan dengan baik.

Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  • Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Itulah tujuan diperlukannya tata kerja.
Hubungan tata kerja dengan manajemen seperti di bawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sisco_Family

Blogroll

 
;